Wednesday, October 5, 2022

READING WORKSHOP KELAS 2 SD

READING WORKSHOP KELAS 2 (45 MINUTES) 

Lokasi: Sekolah Indonesia Jeddah

Guru: Mukarramah dan Alfisyah

Tanggal 05 Oktober 2022


LANGKAH 1: MINILESSON 5-10 MINUTES 

  1. CONNECTION: Guru mengingatkan siswa tentang huruf vocal dan huruf konsonan yang pernah dipelajari dipertemuan sebelumnya. Guru mengajak anak menyanyikan lagu aiueo
  2. TEACHING POINT: Siswa bisa memenggal kata menjadi suku kata berdasarkan pola KV dan KVK.
  3. TEACHING METHODS: 

    1. Siswa menghitung dan menggaris bawahi semua kata yang terdiri dari lima huruf. 
    2. Siswa mengidentifikasi dan melingkari huruf vocal dan menuliskan V di bawahnya. 
    3. Siswa mengidentifikasi dan menggarisbawahi huruf konsonan dan menuliskan K dibawahnya. 
    4. Siswa membuat kotak untuk mengelompokkan huruf menjadi KV dan KVK (dua suku kata). 
        4. ACTIVE ENGAGEMENT:   

"Ibu punya buku yang baguuus sekali. Ibu akan bacakan beberapa halaman dan mengajarkan anak anak bagaimana cara memenggal kata." Guru mengajak sneak peek dengan melihat gambar buku berjudul SEMUT dan ROTI, silahkan akses bukunya disini. Gambar diprojectkkan di papan tulis agar guru bisa melalukan langkah 1-4. 

Guru bisa bertanya:

Apa yang anak anak lihat di gambar ini?

Apa yang sedang terjadi pada semut?

Guru kemudian mengajak anak untuk menghitung huruf pada tulisan judul dan memberikan apresiasi karena anak berhasil menemukan kata yang berisi 5 huruf. 

"Hebat! langkah 1 sudah kalian lakukan. Sekarang langkah ke dua adalah melingkari huruf vocal dan menuliskan huruf V dibawahnya." 

Guru act out seolah olah berpikir, “yang mana ya huruf vokalnya?" 

Guru kemudian menyanyikan “aiueo” sesuai lagu di atas. 

“Aha, ini dia huruf vokalnya (huruf e dan u)”. 

Guru mengucapkan huruf e dan u sambil melingkari kedua huruf tersebut dan menuliskan huruf V di bawahnya. 

"Hebat! Langkah 2 berhasil kita lakukan. Sekarang Langkah ke 3 adalah memberi garis pada huruf konsonan dan menuliskan K dibawahnya. Anak anak tahu huruf konsonan? Ya, semua huruf selain huruf “aiueo” adalah huruf konsonan. Sekarang, yuk kita kasih garis dibawah dan tulis huruf K dibawahnya” 

"Sekarang langkah ke-4. Kita akan membuat kotak sesuai pola KV – KVK. Anak anak bisa lihat kan? 
SE  - MUT 
KV - KVK 
"SEMUT memiliki dua suku kata. Suku kata pertama adalah SE berpola KV, kita kasih kotak. Suku kata kedua adalah MUT berpola KVK, kita kasih kotak. Berarti huruf semut ada dua suku kata, yaitu se-mut. Bukan SEM-UT. Itu cara mengucapkan kata semut dengan benar." 

Guru memberi contoh kalimat kepada siswa dan meminta siswa menghitung huruf yang dimiliki oleh setiap kata yang ada dalam kalimat tersebut dan memodelkan kembali langkah 1-4.

5. LINK: Guru melakukan read aloud sampai selesai untuk membangun keinginan siswa membaca buku tersebut. Guru kemudian menugaskan anak anak untuk menemukan kata yang terdiri dari 5 huruf dan membuat suku kata dengan 4 langkah. Guru membagikan kerta tugas!

LANGKAH 2: SISWA MEMBACA BUKU (25 Menit) Ayo, silahkan membaca buku dan kerjakan tugas memenggal kata menjadi dua suku kata di kertas yang sudah dibagikan Ibu guru! Guru berkeliling kelas memantau tugas siswa dan mendampingi siswa yang membutuhkan bantuan (conferring).  

LANGKAH 3: SHARE (1-2 menit) 

  • Sekarang kalian mencari 1 orang teman untuk diskusi kosakata apa yang sudah kalian temukan di buku yang kalian baca! 
  • Cek apakah hasil kalian ada kesamaan atau ada perbedaan dengan teman kalian! 
  • Silahkan angkat tangan dan beritahu ibu jika kalian merasa tugas kalian sama atau beda dengan temannya, yang sama apa saja dan yang beda apa saja. 

TUGAS 

MEMBACA DI RUMAH Guru membagikan kertas tugas lagi dan mengirim buku online berjudul "Moah Sahabat yang Baik" untuk dibaca di rumah! 

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

LEMBAR TUGAS MEMBACA MANDIRI READING WORKSHOP 

Judul Buku      : Semut dan Roti 

Pengarang       : Dulga Lal Shresta 

Nama siswa   

Kelas             

Tanggal         

Kompetensi: Siswa bisa memenggal kata menjadi suku kata dengan pola KV dan KVK 

TEMUAN SISWA (cari paling banyak 8 kata) 

  1. Tulis kata yang memiliki 5 huruf
  2. Lingkari huruf vokal dan tulis V dibawahnya
  3. Garis bawahi huruf konsonan dan tulis K dibawahnya
  4. Beri kotak pada kelompok huruf berpola KV dan KVK

    

        --------------------------------


        

        --------------------------------



        --------------------------------

3 comments:

  1. Keren Bu Roma, saya sendiri RTL nya tidak sejelas Bu Roma . Mungkin saya perlu ubah lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih bu Milah. Saya tiak tahu apakah yg saya buat ini benar atau tidak sesuai standart, cuma, saya lihat di rencana reading workshop dari websitenya columbian university, kalimat yg hendak diucapkan guru, dituliskan juga....mudah2an ini tidak terlalu jauh dr standrt seharusnya.

      Delete