Saturday, September 9, 2017

Mengapa menjadi guru dan ngeblog?

Mengajar sebagai pekerjaan adalah lompatan baru bagiku. Dalam persepsiku selama ini, mengajar adalah penyaluran hobby untuk sharing pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain secara sukarela. Aku lupa bahwa mengajar itu juga pekerjaan yang menantang dan menarik. Kelamaan di dunia NGO sih, keasyikan traveling sambil kerja, kata temanku.
Namun, sejak mengikuti suami ke Jeddah, kota yang memberikan banyak batasan kepada perempuan, mau tidak mau saya harus beralih pada dunia pendidikan. Mengajar adalah caraku untuk tetap berkarya, berkontribusi untuk negeriku. Dengan mengajar aku bersosialisasi. Dengan mengajar aku belajar tentang kehidupan migrants disini. Dengan mengajar aku tahu. Tidak munafik, mengajar juga memberiku riyal...:)
Selama mengajar, aku belajar. Dalam proses belajar ini banyak hal yang kudapatkan; mengenal karakter anak, mengembangkan metode pembelajaran, berusaha kreatif diantara keterbatasan yang ada, belajar berkomunikasi, belajar sabar, belajar bernegoisasi, dan banyak lainnya. Proses dan hasil inilah yang rasanya perlu aku suarakan pada dunia. Mudah-mudahan ada yang bisa mengambil manfaat.

Jeddah, 9 September 2017
Roma

No comments:

Post a Comment